Sahabat KARMAPI yang budiman,

SELAMAT DATANG DI KARMAPI NET
Temukan segala keunikannya dan tinggalkan comment anda

22 Maret 2009

REKAMAN ACARA MAKRAB (Pantai Gelagah, 7-8 Juni 2008)

A. Latar Belakang

Empat semester telah berjalan, satu setengah tahun lebih telah berlalu, berbagai pengalaman baik suka maupun duka datang silih berganti. Pengalaman dan hal-hal yang baru telah banyak didapatkan, demikian juga teman dan sahabat. Entah sadar atau tidak semua itu mewarnai sendi-sendi kehidupan seluruh mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Besar Mahasiswa PGSD Melawi (KARMAPI). Sesuatu yang tidak kalah pentingnya adalah peran lingkungan telah memberikan warna tersendiri dalam hal pola pikir dan tingkah laku sehari-hari.

Ilmu yang diperoleh selama perkuliahan sedapat mungkin diterapkan dan diaktualisasikan dengan berbagai cara dan metode. Sebagian orang berkiprah dan mendalami sisi kerohanian dengan mengikuti berbagai kegiatan keagamaan, sebagian yang lain mengaplikasikan minat dan bakatnya melalui kegiatan-kegiatan UKM Kampus atau organisasi di luar kampus. Kelompok ini kita namai sebagai kelompok aktif. Bagaimana dengan kelompok pasif yang sampai sekarang ini hanya bergerak seputar asrama, kampus dan Malioboro? Yang pasti waktu tidak pernah berhenti dan menunggu. Tidak ada kata terlambat untuk bergerak maju. Kalau bukan sekarang, kapan lagi????

B. Arah dan Tujuan

Komitmen awal tujuan diadakannya acara ini hanyalah “refreshing” alias penyegaran otak. Namun seiring dengan bergulirnya waktu persiapan, beberapa masukan dan saran dari para anggota yang menghendaki agar acara ini dijadikan moment terbaik untuk merefleksikan kembali perjalanan hidup selama di Jogja ini. Harapan tentunya adalah dari hasil refleksi tersebut diteruskan dengan kesadaaran untuk membangun sebuah niat dan rencana ke depan, apa yang harus saya lakukan? Sehingga dapat dirumuskan tujuan acara MAKRAB KARMAPI ini antara lain;

* Merenungi atau merefleksikan apa saja yang telah saya lakukan dan saya capai selama di Jogja? Dari hasil refleksi tersebut, apa rencana saya kedepan?

* Memupuk rasa persaudaraan dan ikatan kekeluargaan dalam diri setiap anggota KARMAPI.

* Menyegarkan pikiran dari segala kepenatan selama proses perkuliahan dengan menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan (Pantai Gelagah).

C. Waktu Persiapan dan Pelaksanaan

Waktu efektif panitia mempersiapkan acara ini hanya dalam 2 minggu. Sementara pelaksanaannya berlangsung selama 2 hari, yakni Sabtu dan Minggu (7-8 Juni 2008).

D. Tempat / Lokasi Pelaksanaan Acara

Acara berlangsung di Taman Wisata Pantai Gelagah Kulonprogo Yogyakarta.

E. Susunan Kepanitiaan (terlampir)

F. Susunan Acara (terlampir)

G. Laporan Kronologis Acara

o Sabtu, 7 Juni 2008

Pukul 12.15 wib, seluruh peserta Makrab telah berkumpul di depan asrama Mahasiswa UPP 1. Berbagai perlengkapan disiapkan panitia, seperti tikar, air galon, sound system, gitar, dll. Tepat pukul 12.30, rombongan naik ke bis yang telah disediakan dan berangkat menuju ke Asrama Putri UPP 2. Kurang lebih selama 30 menit, seluruh rombongan akhirnya bersama-sama menuju ke tempat acara (pantai Gelagah). Namun tentunya sebagai insan yang beriman, keberangkatan diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh sdr. Ferdy selaku Co. Sie Acara.

Pukul 14.30 wib, rombongan tiba di tempat acara (Pantai Gelagah). Setelah mendengarkan pengarahan singkat dari sdr. Erick selaku Ketua Panitia perihal jadwal acara, seluruh peserta akhirnya menikmati suasana pantai di siang bolong. Panas terik matahari tidak mengurangi kehangatan dan keceriaan paserta untuk menikmati udara pantai sambil berfoto-foto ria.

Pukul 16.00 wib, acara Malam Keakraban (MAKRAB) KARMAPI FIP UNY dinyatakan dibuka. Upacara pembukaan dikomandoi oleh seksi acara dan dibuka sendiri oleh Ketua Panitia dengan Doa Bersama. Selanjutnya oleh seksi acara meminta seluruh peserta untuk bersama-sama membuat “kontrak sosial” alias perjanjian yang harus ditepati bersama selama acara berlangsung. Sehingga terbitlah tujuh poin penting sebagai peraturan bersama, salah satunya adalah dilarang “mojok” dan membuang sampah sembarangan. Upacara pembukaan juga diwarnai dengan beberapa game kecil, termasuk game pembentukan kelompok. Setelah upacara pembukaan selesai, seksi acara memberikan selebaran kertas yang bertuliskan pertanyaan-pertanyaan refleksi untuk masing-masing peserta. Pertanyaan-pertanyaan refleksi ini akan dibahas dalam kelompok yang sudah dibentuk dan akan dipresentasikan pada sesi berikutnya. Selanjutnya sejak pukul 17.00 wib sampai pukul 18.00 wib, para peserta membersihkan diri alias mandi.

Pukul 18.00 acara dilanjutkan dengan kegiatan rohani. Berdasarkan agama masing-masing, setiap peserta diwajibkan mengikuti kegiatan rohani sesuai dengan yang telah dirancang oleh masing-masing koordinator. Tepat pukul 19.00 santap atau makan malam telah disediakan. Seluruh peserta dan panitia berkumpul dan makan bersama di pendopo.

Pukul 20.00 wib, sesi diskusi kelompok dimulai. Setiap kelompok dipersilahkan untuk sharing pengalamannya sesuai dengan ketentuan pertanyaan pada selebaran. Kelompok juga bertugas merangkum seluruh hasil pengalaman anggota untuk dipresentasikan. Bentuk rangkuman bervariasi, ada yang diawali dengan pantun, ada pula yang diawali dengan nyanyian.


BERSAMBUNG NECH,,,

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com